Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumsel Siapkan 412 Faskes Untuk Penyuntikan Vaksin Covid-19

Kompas.com - 07/01/2021, 18:06 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan sebanyak 412 fasilitas kesehatan yang akan digunakan sebagai tempat penyuntikan vaksin Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Lesty Nuraini mengatakan, 412 tempat itu terdiri dari 341 puskemas dan 71 rumah sakit. Seluruh tempat vaksinasi ini akan disiapkan tenaga khusus atau vaksinator sebagai orang yang menyuntikan vaksin.

"Rencananya vaksinasi dimulai 14 Januari nanti, sekarang kita masih menunggu arahan dari pusat. Untuk tempat sudah ada 412 faskes yang disiapkan,"kata Lesty, di Palembang Kamis (7/1/2021).

Baca juga: Palembang Siapkan 205 Petugas Vaksin, 14.604 Nakes Siap Divaksin, Tak Ada yang Menolak

Lesty menjelaskan, seluruh fasilitas kesehatan yang ditunjuk telah menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan vaksin. Sebab, vaksin itu harus ditempatkan di ruang pendingin dengan suhu minimal 2 derajat celcius.

"Kita juga terus mendapat bantuan alat pendingin vaksin dari Kemenkes sebanyak 25 refrigerator, sehingga seluruh daerah dipastikan telah siap untuk menerima vaksin, karena tempat penyimpanannya sudah ada,"ujarnya.

Sebelum penyuntikan vaksin, Dinas Kesehatan Kabupaten/kota di Sumatera Selatan akan lebih dulu memberikan pelatihan kepada vaksinator sehingga pada penyuntikan nanti dapat berjalan aman.

"Pelatihannya dalam waktu dekat ini,"ungkap Lesty.

Baca juga: Menteri BUMN Erick Thohir Minta Kepala Daerah Perhatikan Suhu Penyimpanan Vaksin Covid-19

Pada tahap awal vaksinasi nanti, 30.000 dosis vaksin Covid-19 produksi Sinovac akan dibagikan lebih dulu ke tujuh kabupaten dan kota yakni, Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir (OI), Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Musi Banyuasin (Muba), Banyuasin, Prabumulih dan Palembang. 

"Untuk tahap awal ini dikhususkan untuk tenaga kesehatan,"jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com