Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bulan Tutup, KA Rute Kertapati-Lubuklinggau PP Kembali Beroperasi

Kompas.com - 21/09/2020, 16:24 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang kembali mengoperasikan perjalanan Kereta Api (KA)Serelo rute Kertapati – Lubuk Linggau (PP) mulai (24/9/2020) nanti,  setelah sebelumnya sempat berhenti sejak 1 April 2020 kemarin karena untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Manajer Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti menjelaskan, meskipun telah dibuka, para penumpang kereta diwajibkan mengikuti protokol kesehatan, dengan selalu menggunakan masker selama perjalanan.

Selain itu, calon penumpang juga wajib menunjukkan surat bebas Covid-19 melalui hasil rapid test atau PCR yang masih berlaku selama 14 hari,

Baca juga: KA Siliwangi Berikan Tiket Rp 0, Catat Jadwal dan Cara Mendapatkannya

"Penumpang yang bertiket akan mendapatkan Faceshield dari PT KAI, sedangkan bagi penumpang infant (anak dibawah 3 tahun) tidak disediakan dan menyediakan sendiri,"kata Aida dalam keterangan pers yang diterima KOMPAS.com, Senin (21/9/2020).

Aida menjelaskan, untuk penumpang yang telah memiliki tiket namun belum melakukan rapid test, pihak KAI telah bekerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (PT RNI) untuk menyediakan pelayanan pelayanan tersebut.

Dimana untuk satu kali rapid test penumpang dikenakan RP 85.000 baik di Stasiun Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi dan Lubuklinggau. 

Baca juga: PT KAI Tambah 41 Perjalanan Kereta Jarak Jauh dari Jakarta, Ini Jadwalnya

"Kami menghimbau agar masyarakat yang hendak menggunakan kereta api untuk melakukan test rapid maksimal satu hari sebelum keberangakatan kereta api, untuk menghindari penumpukan penumpang. Serta datang ke stasiun kereta api lebih awal minimal 60 menit sebelum keberangkatan agar tetap nyaman dan aman serta protokol jaga jarak dapat berjalan dengan baik di stasiun,"ujarnya.

Selama beroperasi nanti, okupansi atau tingkat keterisian penumpang akan dibatasi menjadi 70 persen dari tiket yang dijual. Sedangkan, untuk penempatan tempat duduk akan diatur berdasarkan sistem pysichal distancing. 

"Pemesanan tiket dijual H-7 keberangkatan, para penumpang dapat melakukan pemesanan tiket yang dijual H-7 keberangkatan. Pemesanan tiket secara online dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, dan mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya. Sementara itu untuk penjualan tiket di loket stasiun hanya melayani tiket go show atau dilayani 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA,"terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com