Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polwan Buat Sekat Kanal, Bantu Cegah Karhutla di Ogan Komering Ilir

Kompas.com - 10/08/2020, 20:48 WIB
Amriza Nursatria,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KAYUAGUNG, KOMPAS.com - Polisi wanita (Polwan) Polres Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan membuat sekat kanal di wilayah rawan terjadi kebakaran lahan.

Pembuatan sekat kanal itu bertujuan untuk menjaga ketersediaan air untuk kebutuhan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Ada tiga tiitk sekat kanal yang dibuat oleh puluhan anggota Polwan Polres OKI tersebut.

Baca juga: Pencuri Bertopeng Beraksi di OKI, Gondol Perhiasan Emas yang Ternyata Imitasi

Ketiga titik sekat kanal itu berada di sekitar lokasi perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Rambang Argo Jaya yang selama ini memang kerap terjadi kebakaran lahan.

Pembuatan sekat kanal sendiri dilakukan secara manual dengan cara menancapkan kayu di dalam kanal selebar sekitar 8 meter lalu diberi tumpukan karung berisi tanah sehingga air tidak mengalir.

Genangan air itu yang akan digunakan untuk memadamkan api jika terjadi kebakaran lahan.

Baca juga: Polri: Penyerang Mapolres Ogan Komering Ilir Memahami Aliran Tertentu

Kasat Binmas Polres OKI AKP Rohima mengatakan, kegiatan pembuatan sekat kanal itu diikuti oleh 24 personel Polwan Polres OKI dan sebagai bagian dari partisipasi polisi wanita Polres OKI dalam rangka mencegah kebakaran lahan di wilayah hukum Polres OKI.

"Selain pembuatan sekat kanal Polwan Polres OKI juga menyebar ratusan lembar maklumat Kapolda Sumsel tentang larangan dan sanksi hukum bagi pelaku pembakar lahan yang tertangkap. Kita juga memasang sejumlah spanduk peringatan dan himbauan kepada warga agar jangan meguka lahan dengan cara membakar," terang Rohima Senin (10/8/2020)

Rohima menambahkan, selain pembuatan sekat kanal dan pemasangan spandu, Polwan Polres OKI juga membagikan masker dan sembako kepada warga yang terdampak wabah virus Covid 19.

Baca juga: Polres Ogan Komering Ilir Diserang, Pelaku Tabrak Mobil ke Pagar dan Tewas Ditembak

Seperti diketahui saat ini di sejumlah wilayah Indonesia termasuk di Kabupaten Ogan Komering Ilir sudah memasuki musim kemarau.

Di tahun-tahun sebelumnya jika memasuki musim kemarau maka akan terjadi kebakaran lahan di sejumlah wilayah di Kabupaten Ogan Komering Ilir tersebut.

Untuk mengantisipasi hal tersebut berbagai cara dilakukan dari sosialisasi, memperkuat pasukan pemadam, meningkatjan patroli dan memberi sanksi hukum bagi pelaku yang tertangkap melakukan pembakaran lahan. 

Polres OKI bahkan membuat pasukan drone (Drone Skuad) berjumlah 24 orang yang bertugas memantau kebakaran lahan dari udara termasuk memantau pelakunya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com