Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menuju 'New Normal', Jam Operasi LRT Palembang Dimajukan Lebih Pagi

Kompas.com - 08/06/2020, 17:12 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com - PT KAI Divre III Palembang memajukan jam operasional Light Rail Transit (LRT) yang semula mulai pukul 8.39WIB - 17.27WIB menjadi  pukul 06.53WIB sampai  15.41WIB.

Manajer Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan, perubahan jam operasional tersebut dilakukan untuk  mengimplementasikan European Train Control System (ETCS), yang nantinya akan meningkatkan ketepatan waktu dan keselamatan perjalanan kereta LRT.

Sebab, mobilisasi persiapan menghadapi 'new normal', akan membuat masyarakat beraktivitas banyak di pagi hari selama masa pandemi Covid-19 ini masih berlangsung.

Baca juga: Penumpang Tunggu KRL hingga 5 Jam di Stasiun Rangkasbitung, Ini Penjelasan KCI

"Diperlukan waktu sore dan malam hari untuk mengimplementasikan dan pelatihan sistem tersebut (ETCS). Sehingga anak sekolah, perkantoran, dapat memanfaatkan LRT sebagai moda transportasi. Perubahan jam operasional itu dimulai hari ini. Untuk jam perjalanan tetap 26 kali dalam sehari, "kata Aida dalam pesan singkat,Senin (8/6/2020).

Aida menerangkan, pelayanan operasional LRT Palembang kedepan secara dinamis akan berubah menyesuaikan sesuai kebutuhan masyarakat dan kondisi pandemi Covid-19.

Selain itu, PT KAI pun akan mengikuti arahan yang diberikan pemerintah daerah dan pusat untuk menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Mal di Palembang Sudah Mulai Beroperasi

"Sebagai langkah pencegahan virus Covid-19 kami telah melakukan penyemprotan dan pencucian LRT menggunakan desinfektan, pemberlakuan social dan physical distancing, pengurangan operasional serta protokol kesehatan selama di stasiun dan LRT seperti pengunaaan face shield petugas frontliner dan wajib menggunakan masker," ujarnya.

 , ditambah lagi diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Palembang.

"Jumlah perjalanan LRT Palembang pada Desember 2019 lalu sempat meningkat. Dalam satu hari ada 88 kali perjalanan dan penumpang rata-rata 11.000 per hari. Tapi saat ini  jumlah penumpang LRT rata-rata perhari berkisar 450 sampai 500 penumpang dalam sehari," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com