Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per 1 April, KA Jurusan Palembang-Lampung dan Palembang-Lubuk Linggau Tidak Beroperasi

Kompas.com - 01/04/2020, 10:44 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang menghentikan sementara operasional kereta penumpang Sindang Marga jurusan Palembang-Lubuk Linggau dan KA Sriwijaya jurusan Palembang-Tanjung Karang Lampung mulai 1 April 2020.

Manajer Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan, penghentian operasional sementara itu dilakukan lantaran okupansi penumpang sangat rendah di kisaran 15 persen- 20 persen. 

Hal itu terjadi semenjak pembatasan sosial atau social distancing diberlakukan oleh pemerintah Sumatera Selatan terkait wabah corona.

Menurut Aida, manajemen PT KAI akan kembali membahas rencana dioperasionalkannya seluruh rute perjalanan kereta di Sumatera Selatan.

Baca juga: Akibat Corona, KA Anjasmoro Relasi Jombang-Jakarta Tak Beroperasi Mulai 1 April

"Sejak adanya imbauan dari pemerintah untuk memberlakukan social distancing dan physical distancing, masyarakat mengurangi mobilitas untuk berpergian dan memilih beraktivitas dari rumah. Sehingga kita sementara waktu menghentikan operasional kereta sampai batas waktu yang belum ditentukan," kata Aida, Selasa (31/3/2020).

Aida menerangkan, untuk masyarakat yang telah melakukan reservasi atau pemesanan tiket kereta, dapat melakukan pembatalan secara online melalui aplikasi KAI Access atau di stasiun keberangkatan.

Bahkan, PT KAI akan mengembalikan secara penuh harga tiket yang telah dibeli baik tiket kereta api jarak jauh dan lokal untuk perjalanan 23 Maret hingga 29 Mei 2020.

"Kemarin, PT KAI juga telah  melakukan penghentian operasional KA Prabujaya relasi Kertapati – Prabumulih (PP). Untuk besok kereta penumpang Sindang Marga jurusan Palembang-Lubuk Linggau dan KA Sriwijaya jurusan Palembang-Tanjung Karang Lampung juga dihentikan," ujarnya.

Baca juga: Pandemi Covid-19, 28 Perjalanan KA Jarak Jauh Periode 1 April-1 Mei Keberangkatan Jakarta Dibatalkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com