Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlakukan Social Distancing, Jadwal LRT Palembang Dipangkas

Kompas.com - 21/03/2020, 10:44 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com -  PT KAI Divre III Palembang mulai berlakukan Social Distancing kepada seluruh penumpang dan karyawan dengan membuat marka di 13 stasiun Light Rail Transit (LRT).

Selain di 13 stasiun LRT, marka Social Distancing juga dibuat di 13 stasiun kereta api jarak jauh yakni Palembang-Lubuk Linggau.

Manajer Humas KAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan, selain memberlakukan social distancing, jadwal perjalanan LRT juga dipangkas.

Dimana sebelumnya dalam sehari 74 perjalanan, menjadi 56 perjalanan dengan jam operasional dimulai pukul 06.53 WIB- 18.03WIB.

Baca juga: Listrik Padam, Operasional LRT Palembang Sempat Berhenti 35 Menit

"Penyesuaian jadwal sementara ini kami lakukan sebagai salah satu langkah antisipasi pencegahan penyebaran virus Corona, serta mendukung kebijakan pemerintah terkait Social Distancing," kata Aida dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (20/3/2020).

Aida menerangkan, marka social distancing itu telah dibuat diantrian boarding, check in mandiri, tempat duduk ruang tunggu, loket, pintu masuk dan lift.

Selain di stasiun, social distancing ini juga dilakukan didalam kereta LRT dengan memberikan jarak tempat duduk serta pegangan tangan antar penumpang. 

Baca juga: Antisipasi Virus Corona, Trainset dan Stasiun LRT Palembang Disemprot Disinfektan

"Selain itu sesuai aturan protokol pencegahan bagi penumpang yang sedang sakit untuk tidak melakukan perjalanan dan bagi penumpang dengan suhu tubuh 38 derajat tidak diperbolehkan berangkat dan diarahkan untuk memeriksakan diri ke pos kesehatan untuk pemeriksaan lebih lanjut," ujarnya.

Sebelumnya langkah-langkah pencegahan virus Covid-19 menurut Aida, telah dilakukan oleh PT KAI Divre III Palembang dengan melakukan penyemprotan dan pencucian kereta dan stasiun penumpang jarak jauh dan LRT menggunakan desinfektan. 

Ia berharap masyarakat mendukung upaya tersebut dengan mematuhi pentujuk garis pembatas yang disediakan di stasiun dan LRT Sumsel.

Pelaksaaanan social distancing ini akan terus disosialisasikan oleh petugas kami yang ada di stasiun maupun kereta.

“Mari bersama – sama dengan PT KAI lawan Corona dengan pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan tangan karena sudah disediakan hand sanitizer serta tempat cuci tangan di setiap stasiun,” imbuhnya.

Baca juga: Menhub Minta ASN Wajib Naik LRT Palembang Ditambah Jadi 3 Hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com