Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Masa Inkubasi, Mahasiswa Sumsel yang Datang dari China Diminta Tak Keluar Rumah

Kompas.com - 03/02/2020, 14:18 WIB
Aji YK Putra,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan mengimbau mahasiswa yang baru datang dari China diminta untuk tidak keluar rumah selama masa inkubasi yang berlangsung 14 hari ke depan.

Kepala Seksi Surveillance Dinas Kesehatan Sumsel Yusri mengatakan, pihaknya akan terus memantau kondisi kesehatan terhadap para mahasiswa tersebut.

Meski telah dinyatakan sehat, mereka diminta kooperatif melaporkan kondisi kesehatan setiap saat.

"Anak-anak yang datang kemarin bukan dari Wuhan yang skala besar (penyebaran virus corona). Tapi kita tetap waspada, yang datang dari domestik dan non domestik tetap kita pantau. Selama masa Inkubasi diminta tidak keluar rumah dan hindari tempat keramaian," kata Yusri, Senin (3/2/2020).

 Baca juga: Negatif Terinfeksi Virus Corona, Pasien RS Eka Hospital Cibubur Masih Dirawat

Yusri menerangkan, setelah masa inkubasi selesai selama 14 hari, para mahasiswa baru bisa dinyatakan aman dan terhindar dari virus corona.

Dikatakannya, petugas kesehatan disiapkan untuk mendatangi satu per satu kediaman mahasiswa untuk dilakukan pengecekan kesehatan secara berkala sampai masa inkubasi selesai.

"Jika tidak sempat ke sana, akan ditelepon dan ditanyakan kondisi kesehatan mereka. Kalau ada gejala sakit demam atau apa, segera melapor sehingga cepat ditangani," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Lesty Nurainy mengungkapkan, sampai saat ini belum ada obat untuk penganganan virus corona.

Meski demikian, penyebaran virus tersebut dapat dicegah dengan melakukan pola hidup sehat dan menjaga kesehatan.

"Kalau kita sehat virus ini tidak menyerang kita, kita tidak tahu lagi virus ini sudah sampai dimana (penyebaran). Kalau di layanan umum diimbau pakai masker, dan cuci tangan pakai sabun," imbuh Lesty.

Baca juga: Ganjar Janji Bantu 11 Mahasiswa Kesulitan Biaya untuk Pulang dari China

Sejauh ini, empat rumah sakit di Sumatera Selatan telah disiapkan ruang isolasi penanganan virus corona.

"Mereka tidak ada tanda-tanda virus. Namun sesuai standar kesehatan, masa inkubasi itu selama 14 hari. Setelah lewat, baru dinyatakan terbebas dari virus corona.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak tujuh mahasiswa asal Sumatera Selatan yang menempuh pendidikan di China telah tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sabtu (1/2/2020).

Saat menginjakkan kaki di Tanah Air, para mahasiswa ini langsung diperiksa secara mendalam baik suhu tubuh maupun kondisi kesehatan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com