Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Pendaki Hilang di Gunung Dempo, Basarnas Temukan Pakaian Korban

Kompas.com - 23/10/2019, 16:55 WIB
Aji YK Putra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Tim SAR gabungan yang melakukan pencarian dua pendaki asal Jambi yakni M Fikri Sahdila (17) dan Jumadi (26) menemukan petunjuk baru di pelataran Gunung Dempo, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, Rabu (23/10/2019).

Pada pencarian hari kedua tersebut, tim menemukan pakaian serta sandal milik salah satu korban yang tercecer di pelataran Gunung Dempo, pukul 12.00 WIB.

Humas Basarnas Palembang Dayu Willy mengatakan, setelah mendapatkan petunjuk tersebut, tim pencarian langsung dibagi menjadi tiga regu untuk menyisir seluruh jalur pendakian Gunung Dempo.

Baca juga: Seminggu Tak Ketemu, Pencarian Pendaki Hilang di Gunung Lawu Dihentikan

Regu I dan regu II menyisir jalur turun menuju Posko Rimau. Sementara, regu III menyisir titik awal pendakian di Tugu Rimau.

"Temuan ceceran barang milik korban jadi petunjuk awal kami. Barang itu akan diserahkan ke tim yang berada di Posko Rimau," kata Dayu.

Sementara itu, Kepala Basarnas Kota Pagar Alam, Alfariz mengatakan, barang yang ditemukan tersebut sudah dipastikan adalah milik korban setelah mendapatkan konfirmasi kepada pihak keluarga.

Menurut Alfariz, saat ini, tim akan difokuskan pencarian di sekitar pelataran usai penemuan tersebut.

"Kondisi cuaca yang tak menentu di Gunung Dempo menjadi pencarian terkendala. Sekarang akan difokuskan dulu di pelataran," ujar Alfariz.

Baca juga: Dua Pendaki Asal Jambi Diduga Hilang Kontak di Gunung Dempo

Diberitakan sebeumnya, M Fikri Sahdila (17) dan Jumadi (26), dua pendaki asal Muaro, Jambi,  hilang di Gunung Dempo, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, sejak satu pekan lalu.

Adapun, kedua pendaki tersebut dikabarkan berangkat ke Kota Pagaralam pada 13 Oktober 2019.

Mereka sempat menghubungi keluarganya pada 15 Oktober 2019 dan memberitahukan kabar bahwa mereka berada di lereng Dempo sebelum menuju ke puncak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com