Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Tewas Saat Diksar Menwa, Polisi Periksa Pihak UIN Palembang

Kompas.com - 09/09/2019, 19:21 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Penyidik dari Satuan Reserse Kriminal Polres Banyuasin, Sumatera Selatan, kembali memeriksa para saksi untuk mengusut kematian Hebat Sangaji, mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, Palembang, yang tewas saat mengikuti pendidikan dasar atau diksar Resimen Mahasiswa (Menwa), Senin (9/9/2019).

Kasat Reskrim Polres Banyuasin AKP Wahyu Maduransyah ketika dikonfirmasi mengatakan, saksi yang diperiksa berasal dari perwakilan kampus UIN. Tujuannya untuk mengetahui izin serta standard operational procedure (SOP) yang berlaku ketika diksar digelar.

"Sekarang penyidik sedang bekerja, nanti akan saya sampaikan lagi (hasil penyelidikan)," kata Wahyu saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Baca juga: Mahasiswa UIN Tewas Saat Ikuti Diksar Menwa, Polisi Periksa 4 Orang Saksi

Selain hasil pemeriksaan para saksi, hasil visum terhadap jenazah Aji (pangilan korban) nantinya menjadi acuan penyidik untuk mengetahui penyebab kematian korban. Apakah mengalami kekerasan atau tidak.  

"Nanti akan saya konfirmasi ulang hasilnya. Sekarang kita masih melakukan pemeriksaan," ujarnya.  

Sebelumnya, sudah empat orang saksi yang telah diperiksa penyidik untuk mengusut kematian Aji.

Mereka terdiri dari penyelenggara kegiatan dari organisasi Menwa UIN dan pihak sekolah SMK Pertanian sebagai pemilik tempat. Mereka dimintai kerangan seputar kegiatan diksar. 

Aji tewas pada Kamis (6/9/2019) ketika mengikuti kegiatan diksar di dekat SMK Pertanian Sembawa, Kabupaten Banyuasin.

Kematian korban disebut karena kesurupan saat mengikuti kegiatan diksar. Akibatnya, Aji berlari tanpa sadar menuju kolam dekat SMK hingga terjatuh dan tewas. 

Perwakilan dari kampus UIN masih belum bisa memberikan keterangan secara pasti kronologi kejadian tersebut.  

Baca juga: Ikuti Diksar Menwa, Mahasiswa UIN Palembang Ditemukan Tewas

Bahkan, penyidik baru mengetahui kasus kematian Aji setelah jenazah korban dibawa oleh pihak kampus ke kediaman rumah duka yang berada di Bekasi pada Jumat (6/9/2019).  

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lapangan, sekretariat Menwa di UIN Palembang tampak tertutup rapat sejak peristiwa itu terjadi. Tidak terlihat ada aktivitas apa pun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com