Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Makam Keramat Mulai Diburu Para Caleg Jelang Pencoblosan...

Kompas.com - 13/03/2019, 13:27 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com - Selain melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencari dukungan menjelang pemilihan legislatif yang akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang, para Caleg juga ternyata gencar mendatangi makam keramat

Mereka datang untuk berziarah sembari berdoa agar lolos sebagai wakil rakyat.

Hal tersebut diungkapkan Sulaiman (46), Juru Kunci Makam Raja Segentar Alam yang berada di kawasan Bukit Siguntang Palembang, Sumatera Selatan.

Sulaiman mengatakan, sudah banyak tokoh politik nasional maupun lokal yang datang ke makam Raja Segentar Alam untuk berziarah.

Baca juga: Pemprov Sumbar Siapkan RSJ HB Saanin untuk Caleg Kalah Pileg

Makam tersebut menurutnya memang selalu ramai didatangi para Caleg pada musim Pileg dan Pilkada terlebih lagi pada masa menjelang hari pemilihan.

"Hampir rata-rata tidak menyebutkan kalau sebagai Caleg. Tapi wajahnya ada di baliho di jalan-jalan.Ada yang sangat terang-terangan minta didoakan, ada yang hanya bilang ziarah saja," kata Sulaiman, Rabu (13/3/2019).

Dalam ziarah ke makam, tak ada ritual khusus yang dilakukan para caleg tersebut.  Hanya melakukan tabur bunga dan berdoa didepan makam.

"Kalau sekarang belum ramai, biasanya ketika mendekati hari pemilihan baru akan ramai. Itu berdasarkan dari pengalaman saya,"ujarnya.

Selain makam Raja Segentar Alam, berbagai makam keramat lainnya juga sering didatangi para Caleg untuk berdoa agar dapat lolos dalam pemilihan nanti.

 

Makam Putri Kembang Dadar  yang berada di kawasan Bukit Siguntang Palembang, Sumatera Selatan. Beberapa makam yang berada dikawasan ini, sering dikunjungi para Caleg menjelang Pileg.KOMPAS.com/AJI YK PUTRA Makam Putri Kembang Dadar yang berada di kawasan Bukit Siguntang Palembang, Sumatera Selatan. Beberapa makam yang berada dikawasan ini, sering dikunjungi para Caleg menjelang Pileg.

"Ada dua tempat lainnya yang juga sering di dikunjungi Caleg itu untuk berziarah, yakni  makam Pangeran Bagus Kuning, dan Kawah Tekurep. Disana juga biasanya ramai” ujarnya.

Sementara itu, salah satu caleg DPRD Sumsel Aswari Rifai tak menampik jika masih banyaknya sejumlah tokoh politik yang percaya dengan hal yang berbau mistik, seperti halnya mengunjungi makam dan berziarah agar diloloskan sebagai wakil rakyat.

"Termasuk juga mendatangi tokoh spiritual atau tempat-tempat keramat. Kalau saya pribadi tidak percaya dengan pola-pola klenik seperti itu. Kita sebagai umat beragama percaya kepada Tuhan," katanya.

 

Makam Raja Segentar Alam yang berada di kawasan Bukit Siguntang Palembang, Sumatera Selatan. Beberapa makam yang berada dikawasan ini, sering dikunjungi para Caleg menjelang Pileg.KOMPAS.com/AJI YK PUTRA Makam Raja Segentar Alam yang berada di kawasan Bukit Siguntang Palembang, Sumatera Selatan. Beberapa makam yang berada dikawasan ini, sering dikunjungi para Caleg menjelang Pileg.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Selatan ini pun berpesan kepada kepada seluruh kadernya terlebih lagi para pemuda yang baru menggeluti dunia politik untuk percaya kepada diri sendiri.

"Caranya dengan terus usaha bersosialisasi ke masyarakat. Kemudian berdoa, serta yakin lah apapun hasil yang diberikan adalah yang terbaik. Tidak perlu dengan hal yang klenik-klenik," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com