Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan Jalan Rusak di OKU Diperkirakan Satu Bulan Selesai

Kompas.com - 05/03/2019, 13:36 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com- Perbaikan jalan rusak di kecamatan Batumarta, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mulai dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga, untuk menambal jalan yang mengalami kerusakan.

Direktur Preservasi Jalan Direktorat Jenderal Bina Marga Atianto Busono mengatakan, perbaikan jalan tersebut diperkirakan akan selesai pada satu bulan ke depan yang mulai dikerjakan sejak hari ini.

"Hari ini sudah langsung dilaksanakan (perbaikan jalan), mungkin satu bulan selesai," kata Atianto, Selasa (5/2/2019).

Dilanjutkan Atianto, Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga hanya melakukan perbaikan jalan sementara di Kecamatan Batumarta, agar bisa dilalui warga.

Baca juga: BERITA FOTO : Ini Penampakan Kondisi Jalan Rusak yang Jadi Lokasi Pemotretan di OKU  

Perbaikan jalan di Batumarta sendiri, telah dianggarkan dana sebesar Rp 6,3 Miliar yang merupakan dan dari Pemerintah Provinsi Sumsel dan Kabupaten yang saat ini telah melakukan lelang dan diperkirakan selesai pada April mendatang.

"Pemkab sekarang lagi proses lelang, mungkin sekitar April atau Mei baru penetapan pemenang. Selama menunggu itu, PUPR melakukan penanganan yang sifatnya darurat," ujarnya.

Setelah perbaikan jalan selesai di Kecamatan Batumarta, selanjutnya DItjen Bina Marga akan menangani lubang di kawasan tersebut.

"Ada tiga lokasi yang viral akan dibenarkan sampai selesai pengaspalan, selebihnya PUPR akan membantu menangani per spot (jalan berlubang). Sifatnya ini lebih kepada darurat, sehingga masyarakat bisa merasakan yang aman dan nyaman," ungkapnya.

Baca juga: Intruksi Jokowi, Ditjen Bina Marga Turun Tangan Atasi Jalan Rusak di OKU

Jalan rusak di Kecamatan Batumarta Kabupaten OKU, Sumatera Sealtan dijadikan objek foto sebagai bentuk protes kepada pemerintah.ISTIMEWA/Robby Ari Sanjaya Jalan rusak di Kecamatan Batumarta Kabupaten OKU, Sumatera Sealtan dijadikan objek foto sebagai bentuk protes kepada pemerintah.
Sebelumnya diberitakan, karya foto Robby Ari Sanjaya mendadak viral, setelah menjadikan lokasi jalan rusak sebagai obyek foto model. 

Foto-foto tersebut, diunggah Robby di akun Instagram miliknnya @as_robby, hingga akhirnya mendapatkan tanggapan dari warganet lantaran protes jalan rusak yang disampaikan oleh Robby begitu unik dan kreatif.

"Mantap kreatif idenya" tulis akun @mr_aldebara, menanggapi foto Robby.

Sementara itu, Robby mengaku jika foto tersebut dibuatnya sebagai bentuk luapan emosi karena jalan di Kecamatan Batumarta, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, tak kunjung dibenarkan.

Baca juga: Tanggapan Gubernur Sumsel soal Jalan Rusak Jadi Obyek Foto Model...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com