Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Dinamis LRT Palembang Berhasil, Menhub Budi Karya Lega

Kompas.com - 27/05/2018, 19:49 WIB
Aji YK Putra,
Bayu Galih

Tim Redaksi

 PALEMBANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi merasa lega setelah uji dinamis light rail transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan berjalan tanpa hambatan, Minggu (27/5/2018).

Uji dinamis LRT Palembang sebenarnya telah berlangsung sejak beberapa waktu lalu. Namun, Menhub Budi Karya ingin merasakan sendiri proses uji dinamis di dalam kereta.

Budi melakukan uji coba dari stasiun LRT di zona 5 Jakabaring Sport City (JSC) menuju Stasiun OPI Mall. Perjalanan uji dinamis berlangsung sekitar 15 menit dengan kecepatan sedang.

 

"Alhamdulilah kerja keras kita selama ini berhasil. Ini semuanya (LRT) murni karya anak bangsa. Saya bersyukur uji dinamis berjalan dengan baik," kata Budi.

Baca juga: LRT Palembang Diuji Coba, Begini Hasilnya...

Setelah uji dinamis selesai, selanjutnya akan dilakukan uji seluruh lintasan rel mulai dari kawasan Jakabaring hingga Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Budi mengatakan, dari hasil tes uji dinamis kereta LRT telah bisa menembus kecepatan 35 kilometer per jam. Batas maksimal keceptan LRT sendiri mencapai 80 km per jam.

 

"Tapi tidak mungkin kita pakai kecepatan maksimal, kemungkinan nanti hanya 40 km per jam saja dipergunakan," ujarnya.

LRT Palembang akan dikelola langsung oleh PT KAI. Tarif juga telah disubsidi pemerintah sehingga membuat harganya terjangkau.

"Karena kita ingin mengangkut penumpang dengan harga terjangkau dan dikelola secara profesional," kata Menhub.

Kompas TV PT Industri Kereta Api (PT INKA) mengebut pengerjaan rangkaian kereta "Light Rail Transit".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com