Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Paslon Bertarung di Pilkada Sumsel, 2 Calon Tunggal Lawan Kotak Kosong

Kompas.com - 07/09/2020, 21:20 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com - Tujuh kabupaten di Sumatera Selatan akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang.

Dari tujuh kabupaten tersebut, sebanyak 13 orang pasangan calon (paslon) telah mendaftar di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah masing-masing.

Pilkada di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) memiliki calon tunggal dari petahana. Mereka yakni Kuryana Azis-Johan Anuar yang diusung 11 partai PKS, PBB, PAN, Golkar, PKPI, PPP, Gerindra, Demokrat, PKB, PDIP dan NasDem.

Selanjutnya di Kabupaten OKU Selatan mengalami hal serupa di mana sampai saat ini memiliki calon tunggal dari pasangan Popo Ali-Sholihien.

Baca juga: Alasan PDI-P Baru Usung Satu Calon di Pilkada Sumsel

 

Calon dari petahana ini didukung 12 partai dari PKB, Gerindra, PDI, Golkar, Nasdem, PKS, Perindo, PPP, PAN, Hanura, Demokrat dan PBB.

Kabupaten OKU Timur memiliki dua pasangan calon, yakni Lanosin Hamzah-Adi Nugraha Purna Yudha yang diusung 11 partai dari PKB, Demokrat, NasDem, PKS, Gerindra, Hanura, PPP, PAN, PDIP, Golkar dan Perindo.

Sementara pasangan calon kedua berasal dari calon perorangan, yakni Kolonel Ruslan-Herly Sunawan yang memiliki 41.560 dukungan KTP.

di Kabupaten Ogan Ilir, calon petahan Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak diusung lima partai, PDI-P, Golkar, Hanura, PBB dan Partai Berkarya.

Lawannya, Panca Wijaya Akbar-Ardani diusung oleh PKB, Gerindra, Perindo, NasDem, Demokrat, PKS, PAN dan PPP.

Kemudian, Kabupaten Musi Rawas berasal dari petahana Hendra Gunawan-Mulyana yang diusung oleh partai Demokrat, PDIP, Hanura, NasDem, PKS, PKB dan PBB.

Sedangkan paslon kedua adalah Ratna Mahmud-Suwarti  yang didukung oleh Gerindra, Golkar dan PAN.

Di Kabupaten Musi Rawas Utara, ada tiga paslon yang maju, yakni Syarif Hidayat-Surian diusung oleh PBB, Gerindra, PPP, PKS, PAN, Golkar, PKB, Demokrat dan Perindo. Paslon kedua, Devi Suhartoni-Inayatullah  diusung PDI-P, NasDem dan Hanura. Serta paslon ketiga dari perseorangan yang memiliki 16.655 dukungan KTP, yakni Akisropi Ayub-Baikuni Anwar.

Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) ada dua paslon, Heri Amalindo-Soemarjono yang merupakan calon petahana didukung oleh 9 partai, yakni PDIP, Golkar, PKS, NasDem, Gerindra, Perindo, PPP, PBB dan PKB. Sementara paslon Devi Harianto-Darmadi diusung tiga partai Demokrat, PAN dan Hanura.

Anggota KPU Sumatera Selatan Divisi Hukum dan Pengawasan, Hepriadi mengatakan, dari tujuh kabupaten yang melaksanakan pilkada, dua di antaranya memiliki calon tunggal sehingga berpotensi melawan kotak kosong.

"Untuk di OKU Selatan dan OKU sejauh ini hanya satu pasangan calon. Semuanya dari petahana dan besar kemungkinan melawan kotak kosong," ujar Hepriadi, saat dikonfirmasi, Senin (7/9/2020).

Baca juga: Alasan PDI-P dan PKB Dukung Tersangka Korupsi di Pilkada OKU

Hepriadi menjelaskan, meskipun melawan kotak kosong karena calon tunggal, ia meminta masyarakat untuk tetap memberikan hak suara dengan datang ke TPS pada Pilkada nanti agar terhindar dari golput.

"Sementara secara keseluruhan paslon berjumlah 13 paslon.11 paslon diusung dari partai politik dan dua lainnya jalur perorangan. Total, calon laki-laki berjumlah 24 orang dan dua orang perempuan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com