Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Positif Covid-19 di Sumsel Hampir Sentuh 1.000 Orang, Siap New Normal?

Kompas.com - 30/05/2020, 13:12 WIB
Aji YK Putra,
Khairina

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com- Jumlah kasus positif Covid-19 di Sumatera Selatan hampir menyentuh angka 1.000, sejak kasus virus Corona masuk ke Indonesia.

Dari catatan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan, jumlah kasus positif saat ini telah mencapai 953 orang.

Sementara, 2.069 sampel masih dilakukan pemeriksaan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang, Jumat (29/5/2020).

Dengan kondisi tersebut, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan Yusri angkat bicara soal adanya rencana untuk melakukan new normal di Palembang dan Prabumulih.

Baca juga: Begini Skema Penerapan New Normal di Sekolah di Jawa Tengah

Yusri menerangkan, penerapan new normal di dua kota Provinsi Sumatera Selatan itu bisa saja dilakukan jika mematuhi protokol kesehatan.

Menurut Yusri, ada tiga indikator kesehatan untuk menuju kenormalan baru atau yang disebut new normal, yakni,surveilans kesehatan masyarakat, gambaran epidemiologi, dan pelayanan kesehatan masyrakat.

Gambaran epidemiologi yang dimaksud meliputi adanya penurunan jumlah kasus positif Covid-19 selama dua pekan sejak puncak terakhir, serta penurunan jumlah kasus probable atau seseorang dengan pneumonia dengan bukti klinis radiologis atau histopatologis.

Selain itu, ada penurunan jumlah peninggal dari kasus positif, penurunan jumlah meninggal dari kasus probable,penurunan jumlah kasus positif yang dirawat di rumah sakit, penurunan jumlah kasus probable yang dirawat di rumah sakit, kenaikan jumlah yang sembuh dari kasus positif dan kenaikan jumlah selesai pemantauan dari probable ODP dan PDP.

Sedangkan surveilans kesehatan kesehatan meliputi jumlah pemeriksaan spesimen meningkat selama dua pekan, positif rate kurang dari lima persen dari seluruh sampel yang positif, penurunan mobilitas penduduk dan pelaksanaan kontak tracing dari kasus positif

Untuk pelayanan kesehatan, harus memenuhi ketersediaan ruang isolasi atau tempat tidur untuk kasus baru di rumah sakit jumlah APD terpenuhi untuk tenaga kesehatan di rumah, dan ketersediaan ventilator di rumah sakit untuk menanganani kasus Covid-19 berat.

"New normal di Sumsel masih perlu kajian hasil dari PSBB,"kata Yusri.

Penerapan PSBB di kota Palembang dan Prabumulih bukan tidak mungkin akan kembali diperpanjang jika tren kasus penularan Covid-19 masih berlangsung.

Sehingga, seluruh masyarakat diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti menggunakan masker, selalu cuci tangan dan menjaga jarak.

"Mudah-mudahan kasus menurun trennya, walaupun kumulatif bertambah. Jika trendnya tetap naik PSBB akan diperpanjang sampai indikator keberhasilan PSBB terpenuhi,"ujarnya.

Sementara itu, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) saat ini mencapai 6.054 orang dengan rincian selesai pemantauan 4.223  orang dan masih dalam pemantauan 1.831 orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com