Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Malam Tahun Baru di Benteng Kuto Besak Palembang Hasilkan 15 Ton Sampah

Kompas.com - 01/01/2019, 19:25 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Perayaan malam Tahun Baru 2019 di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sumatera Selatan, menghasilkan 15 ton sampah, Selasa (1/1/2019).

Walaupun sebelumnya Wali Kota Palembag Harnojoyo mengeluarkan larangan merayakan tahun baru, namun warga masih tetap memadati BKB bersama keluarga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebesihan Palembang Faisal AR mengatakan, setidaknya ada 15 ton sampah yang terdiri dari plastik bekas sisa makanan dan lainnya berceceran di BKB setelah warga meraakan malam pergantian tahun pada Senin (31/12/2018) malam.

Sebanyak 10 mobil truk sampah telah diturunkan untuk membersihkan seluruh sampah yang yang menumpuk di BKB.

"(Sebanyak) 300 petugas juga diturunkan untuk membersihkan sampah di BKB. Hasilnya ada 15 ton sampah, semuanya bervariasi, dari mulai plastik bekas makanan dan lain sebagainya," kata Faisal.

Baca juga: Libur Tahun Baru, Wisatawan Serbu Cipanas Cileungsing di Sumedang

Faisal mengatakan, butuh waktu tujuh jam para petugas membersihkan sampah yang ada di BKB. Meski demikian, menurutnya, jumlah sampah tersebut masih lebih sedikit dibandingkan perayaan malam pergantian tahun lalu.

"Pada perayaan malam tahun baru 2018 dulu ada 25 ton sampah di BKB, sekarang 15 ton, artinya memang lebih sedikit. Karena ada imbauan dari wali kota agar tak ada acara untuk malam pergantian tahun," ujarnya.

Baca juga: Malam Tahun Baru, Pria Pemabuk Culik dan Perkosa Anak 2 Tahun di Maluku

Terlihat sampah yang memenuhi BKB mulai dari pintu masuk hingga menuju ke pintu keluar hampir semuanya dipenuhi sampah organik maupun nonorganik. Petugas tampak kewalahan membersihkan sampah yang memenuhi BKB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com