Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Libur Panjang, Penumpang Kereta di Sumsel Wajib "Rapid Test"

Kompas.com - 27/10/2020, 15:18 WIB
Aji YK Putra,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang, Sumatera Selatan, mewajibkan seluruh penumpang untuk melakukan rapid test pada H-1 sebelum keberangkatan.

Kebijakan ini untuk mengantisipasi libur panjang yang akan berlangsung pada akhir Oktober 2020.

Manajer Humas KAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan, rapid test yang dilakukan pada H-1 tersebut untuk mengantisipasi kerumunan akibat lonjakan penumpang dan antrean panjang.

Baca juga: Kasus Perusakan Tambak Udang Disetop Polisi, Hakim Praperadilan: SP3 Tidak Sah

"Tujuannya juga untuk menghindari kepadatan antrean layanan rapid test di stasiun dan potensi tertinggal kereta," kata Aida melalui pesan singkat, Selasa (27/10/2020).

Aida menjelaskan, PT KAI Divre III Palembang bersama PT RNI menyediakan fasilitas rapid test untuk penumpang dengan harga Rp 85.000.

Fasilitas rapid test tersedia di Stasiun Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Lubuklinggau.

Adapun, syaratnya hanya dengan menujukkan kode booking atau pemesanan tiket kereta api yang telah terbayar lunas pada jam pelayanan antara pukul 06.00 – 11.00 WIB.

"Bagi calon penumpang yang kedapatan reaktif saat rapid test, tidak diperkenankan melakukan perjalanan KA dan tiket akan dilakukan pengembalian bea 100 persen di luar biaya pesan, serta disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut," kata Aida.

Baca juga: Seorang Pria Tewas Usai Lompat dari Jembatan Ampera Palembang

Saat ini, PT KAI Divre III mengoperasikan Kereta Api Serelo dengan rute Kertapati – Lubuklinggau dengan jadwal keberangkatan pukul 09.30 WIB dari Stasiun Kertapati, serta rute Lubuklinggau – Kertapati berangkat pukul 09.30 WIB dari Stasiun Lubuklinggau.

"Calon penumpang diharapkan dapat mengatur waktu keberangkatannya dan menyiapkan rentang waktu yang cukup jika tetap akan melakukan rapid test pada hari yang sama dengan hari keberangkatan. Tidak disarankan datang 3 jam sebelum keberangkatan untuk menghindari risiko tertinggal kereta," ujar Aida.

Baca juga: Mengenal Tenun Masalili, Cendera Mata yang Merambat hingga Luar Negeri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com